ik
Sabtu, 21 Juni 2014

Resep Cara Membuat Cake Gula Merah

Aloohaa para bunda, akhir pekan ini saya ingin bernostalgia, dulu cake gula merah sering dibuatkan mama saat lebaran datang. jadilah speekok cake Jika menyukai cake beraroma rempah, silahkan mencoba cake jadul resep keluarga saya ini ya, semoga berkenan. kata suami "kayak makan serikaya versi cake".  Langsung dilhat Resep Cara Membuat Cake Gula Merah jika memang ingin mencobanya. Doa saya selalu menyertai..hhe
Resep Cake Gula Merah
Rasakan juga lembutnya:

Cake Gula Merah

BAHAN:
  • 200gr terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
  • 5 butir telur suhu ruang
  • 120 gr gula merah/gula aren parut suhu ruang (jika ingin manis maka tambahkan sesuai selera)
  • 150ml margarine leleh/minyak sayur (saya coba palmia)
  • 15 gr tepung maizena
  • 25 gr susu bubuk (saya pakai dancow)
  • ¼ sdt garam
  • ¾ sdt bumbu speekok (saya pakai cap kupu-kupu)
  • 1 sdt TBM (jika tidak ingin pakai bisa ditambah kuning telur)
  • ¼ sdt vanili (optional)
  • Kismis secukupnya untuk topping

Cara Membuat Cake Gula Merah

  1. Ayak terigu + Maizena + susu bubuk lalu satukan dalam satu wadah (A)
  2. Kocok telur + gula merah/aren + TBM + garam + vanili hingga putih kaku dan mengembang (jangan buru-buru selesai)
  3. Masukkan bahan A sedikit demi sedikit lalu aduk dengan spatula hingga menyatu dan rata
  4. Tambahkan margarine leleh/ minyak sayur
  5. Siapkan Loyang yang sudah dipoles margarine dan taburan tepung disemua sisi loyangnya atau jika ingin simple beri kertas roti, masukkan adonan semua lalu hentak-hentakkan loyang yang berisi adonan agar merata lalu taburi kismis.
  6. Panggang dengan api sedang hingga matang (saya tidak jelaskan berapa derjat celciusnya karena api oven masing2 kita berbeda, silahkan disesuaikan agar tidak gosong)
  7. Setelah matang, langsung pindahkan dari Loyang agar cake tetap cantik dan tidak menciut.
  8. Selamat mencoba, semoga sesuai selera

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Cake Gula Merah