ik
Jumat, 19 September 2014

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Cornetto

Siang bunda berkah hari jumat dapat pesanan kue bolu kukus berbentuk cornetto 500 buah. Saya sharekan sedikit cara membuat bolu kukus ala Arina Muhammad Rusdi  yang unik ini. Kue ini awal saya buka usaha rumahan 1 tahun yang lalu. Resep di bawah jadinya kurang lebih 50 buah. 1 buah bolu kukus cornetto bunda bisa jual Rp 2.000.

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Cornetto
Dalam bahan membuat bolu kukus berbentuk cornetto akan ada yang namanya gula gastor. Gula ini beda dengan gula halus atau gula tepung. Gula castor itu gula pasir yang butirannya lebih halus tapi belum jadi tepung seperti icing sugar. Jarang ada di Indonesia, biasanya dipakai orang luar. Namun anda bisa membelinya di toko kue. Saya sangat menganjurkan pemakaiannya agar kue bolu kukus mekar sempurna.

Resep Membuat Bolu Kukus Cornetto

Bahan:
  • 3 gelas tepung terigu
  • 2 gelas gula castor
  • 3 butir telur
  • 3/4 air soda
  • 1 sdt ovalette
  • Pewarna dan perisa makanan
  • Coklat dark
  • Kacang hazel

Cara Membuat Bolu Kukus Cornetto

  1. Kocok telur, gula sampai kembang, masukkan ovalette dan kocok lagi, masukkan tepung yang diayak, aduk rata. Masukkan air soda sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian, warnakan dan beri perisa pada masing-masing adonan.
  3. Panaskan pengukus, letakkan cetakan dalam lubang pengukus, lapisi dengan kertas minyak, tuang adonan selapis demi selapis (saya menggunakan pipping bag untuk meletakkan adonan).
  4. Kukus adonan selama 15 menit, balutlah penutup dengan kain.
  5. Angkat bolu kukus jika sudah masak, biarkan betul-betul dingin lalu cairkan coklat. Jika bolu kukus sudah dingin, letakkan coklat di atasnya, beri taburan kacang, masukkan lemari es supaya coklat cepat keras baru keluarkan bolu kukus dari cetakan.

Cetakan Bolu Kukus Cornetto

                                Cetakan Kertas                                                 Cetakan Aluminium


Untuk cetakan kertas bisa dibuat dari kertas pembungkus nasi bunda. Saya buat karena saya cuma punya 1 lusin yang cetakan aluminium.

Saya pakai 2 cetakan, cetakan dari aluminium yang dalamnya saya lapisi kertas minyak dan buat cetakan sendiri dari kertas pembungkus nasi. Ini kebetulan yang mau dikukus, karena mau cepat siap saya dan adik saya pakai 2 cetakan karena keterbatasan cetakan aluminium. Lubang pengukusnya besar walaupun diisi adonan tidak akan tumpah.

Untuk pengukus bolu kukus saya gunakan pengukus 3 tingkat. Tingkat pertama berisi air, ke 2 saya kosongkan, 3 baru saya letak cetakan. Itu untuk penggunaan cetakan dari kertas agar kertas tidak terkena air. Jika coklat ingin cepat keras, masukkan ke dalam lemari es beberapa saat. Setelah kue matang jangan lepaskan dulu dari cetakan. Biarkan dingin karena akan dituangkan coklat di atasnya. Pastikan benar-benar dingin agar coklat bisa terbentuk cantik. Pastikan coklat sudah keras baru keluarkan bolu kukus cornetto dari cetakannya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Bolu Kukus Cornetto