ik
Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Membuat Roti Tanpa Telur Empuk

Bahagia itu saat lihat hasil roti yang kita bikin menul dan empuk pakai banget walau tanpa telur. Resep donat fluffynya mbak Rani Fadilla ternyata top juga jika dibikin roti eggles. Eggles atau biasa disebut roti tanpa telur bun. Diadaptasi dari resep eggles fluffy donut, resep ini dikreasikan oleh Ika Febriani. Cara membuat roti tanpa telur cukup mudah.
 
 
Sebenarnya resep ini adalah untuk donat namun saya kreasikan menjadi roti tanpa telur. Di bikin roti itu gak usah digoreng tapi dibentuk sesuai selera lalu oles permukaan roti dengan kuning telur dan oven kurang lebih 10 menit dengan api besar. Tekstur donat dan roti itu sama, mereka itu kan satu keluarga bedanya cuma diproses masaknya saja. Donat agak berminyak dan garing kalau roti kering dan lembut. Yang penasaran sama tekstur dalamnya ini dia gambarnya.
 
 

Resep Roti Tanpa Telur

‎Bahan‬ I
  • 250 gr tepung protein sedang, segitiga biru
  • 180 ml susu cair hangat
  • 25 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
Bahan
  • 1/2 sdt garam.
  • 25 gr mentega/margarine.

‪‎Cara Membuat Roti Tanpa Telur

  1. Campur jadi satu bahan I, aduk rata. Diamkan sampai biang mengembang dan berbusa.
  2. Campur tepung  dan larutan biang. aduk rata sampai setengah kalis. Tambahkan garam dan mentega, aduk rata. Uleni sampai kalis, elastis dan mulus. bulatkan.
  3. Adonan diistirahatkan dengan tutup wadah adonan dengan kain sampai adonan mengembang 2x lipat selama 30-60 menit. Saya hanya sampai 40 menit, adonan sudah naik.
  4. Kempeskan adonan, uleni kira-kira 10-15 menit sampai lentur kembali.
  5. Cetak adonan dan beri isian sesuai selera kalo saya pake choco chips dan spicy mushroom setelah itu letakan dalam loyang yang sudah dioles margarin.
  6. Diamkan kurang lebih 20 menit. Di 5 menit terakhir nyalakan oven dengan api besar.
  7. Oles permukaan adonan dengan kuning telur dan beri topping sesuai selera.
  8. Oven dengan api besar kurang lebih 10 menit, maaf saya pakai otang jadi sulit untuk mengetahui berapa suhu oven yang pasti.
Banyak yang membuat roti saat masih hangat enak banget empuk tapi saat dingin terasa keras. Saya sudah coba beberapa resep roti tanpa telur, tetep empuk sampai 3 hari malah karena saya simpan di wadah kedap udara. Saat roti dibiarin aja sudah pasti keras. Kalau masih hangat disimpannya nanti malah bisa basi atau cepat jamuran jadi harus nunggu roti dingin dulu ya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Roti Tanpa Telur Empuk