ik
Jumat, 10 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kuah Segar

Berhubung masih ada daging dalam kulkas. Blender kasih bumbu jadi dech bakso sapi nya. Asli lo buat sendiri, terjamin halal dan sehat. Ini resep cara membuat bakso sapi saya, semua takaran tadi pakai kira-kira. Pentol yang aku buat dari daging beku, dapat dari kurban. Keluarin dulu dari kulkas diemin aja gak usah pakai direndam. Jika sudah gak beku lagi baru dicincang terus blender.

Bunda riska curhat nih, bun daging sapi itu khan seratnya aga bayak apa gak merusak blender. Cuma daging saja gak pakai tambahan appun bun sewaktu memblender? Soalnya trauma blenderan rusak karena dipakai buat memblender daging.

Saya coba jawab ya bun, Agar blender tidak rusak sebaiknya daging cincang dulu. Terus pas waktu ngeblender sedikt-sedikit aja. 1/4 kg bisa 2 sampai 3 kali ngeblender. Terus tambahkan air sedikit untuk memudahkan blender bekerja. Kalau semua daging dimasukkan akibatnya blender gak jalan dan alhasil blendernya rusak. langsung dilihat yuk resep bakso sapi ala bunda Masitoh.

Resep Bakso Sapi

Adonan pentol bakso sapi

Bahan Pentol Sapi
  • 1/4 kg daging sapi
  • air es 1/2 gelas
  • 6siung bwang putih
  • 1/2 bngkus ladaku bubuk
  • 1 masoko ayam
  • 1/2sdt bakingpowder/soda kue
  • 2sdm Sagutapioka
  • 2sdm Maizena
  • 1 btr telur

Cara Membuat Pentol Bakso

Pentol bakso sapi
  1. Cincang daging lalu blender dengan bawang putih dan air sedikit, ( tadi 2x blender biar bisa muter).
  2. Sudah diblender taruh dalam wadah lalu masukan telur, masako +dan lada, aduk rata.
  3. Lalu masukan sagutapioka dan maizena. Uleni hingga rata.
  4. Rebus di air mendidih, jika sudah mengapung, angkat lalu tiriskan.
Tips Membuat Pentol Bakso

Sebelum merebus pentol silahkan coba dulu rebus 1-2 biji pentol kemudian liat hasilnya. Jika keriting kayak tekwan, tambahin aja adonan dengan sagu 1 sdm sampai 2 sdm.
Pas ngebuletin pentol pinter-pinternya kita aja ngebentuknya.  Cara membuat baksonya supaya mulus yaitu ambil adonan ke dalam genggaman tangan kita... terus tekan.. bila hasilnya belum mulus.. tekan tekan kembali sampai permukaan adonan yg keluar dari tangan kita kelihatan halus dan mulus. Ambil sendok makan yang ukurannya agak kecil dan tidak terlalu cekung. Basahkan terlebih dahulu sendok ke dalam air biasa lalu potong adonan bakso yang keluar dari genggaman tangan kita mengguanakan sendok yang sudah dibasahi tadi. Dijamin bakso yang keluar ngga bergerigi bun. Baru masukin ke air mendidih sampai sendoknya juga nyelup dikit di air.
Lebih enak lagi pentol bakso sapi yang udah masak dimasukkan ke kulkas dulu. Nah baru dimakan, jadi sama kayak di abang-abang bakso agak kenyal-kenyal nyesss gitu.
Pentol bisa tahan sampai 4 hari jika ditaruh dikulkas. Lebih bagus taruh frezer. Masukkan pentol dalam plastik kemudian ikat rapat atau bisa juga taruh diwadah yang kedap udara.

Cara Membuat Kuah Bakso

Kuah Bakso Sederhana

Untuk kuah bakso saya buat yang simple juga. Air rebusan bakso jangan dibuang, cukup tambah bumbu "Kuah Bakso" saya beli dengan harga Rp1000.  Pakein 2 bungkus terus cicip kalau kurang asin tambah garam  dan sedikit lada bubuk,  daun sop dan  daun bawang, di jamin enak banget.

Kuah Bakso ala Pedagang
bahan:
  • tulang kaki sapi atau tetelan sapi
  • bawang putih
  • daun bawang 2 batang
  • seledri 2 batang
  • merica bubuk secukupnya
  • garam. secukupnya
Cara Membuat:
  1. Tulang kaki sapi direbus dgn api kecil.
  2. Bawang putih di cincang halus lalu ditumis hingga harum
  3. Masukkan ke dalam tulang rebus dan tambahkan daun bawang dan seledri
  4. Rebus selama 2 jam. Bubuhi garam, merica bubuk, penyedap rasa, aduk rata
  5. Angkat dan saring agar kuah menjadi jernih.
Coba Juga: Resep Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal
Dari sekian banyak pembuatan pentol bakso rata-rata ada bahan soda kue/baking powder. Terus ada yang gunain telur. Nah pas pertama bikin bakso sapi saya coba-coba aja dengan resep ini (berhasil gaknya belakangan) dan ternyata hasilnya Bagus dan Memuaskan. Terpenting berani coba aja, jangan takut gagal.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Bakso Sapi Kuah Segar