ik
Selasa, 14 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus

Mau nyetor resep bolu gulung pandan kukus nih. Untuk pertama kali berhasil bikin setelah kemaren gatot alias gagal total. Banyak trial eror yang aku lewati bun tapi alkhamdulillah mendapat racikan tepat. Senengnya bukan main karena bolu gulung pandan ini lembut bangeeet. Misua suka bangetttt karena ada taburan coklat dan keju. Karena saya lagi senang maka akan saya bagikan bagaimana cara membuat bolu gulung pandan kukus ala saya, panggil saja bunda Dini.
Resep Cara Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus

Kan di resep pakai santan sama pasta pandan. Karena aku kurang suka yang bersantan saya cuma pakaikan pasta pandan saja. Sebenarnya resep bolu gulung bisa diganti sesuai selera tergantung selera masing-masing. Contohnya saja, jika tidak suka dengan keju bisa menggunakan taburan hanya coklat. Bisa juga bahan bolu gulung pandan dikurangi porsinya. Seumpama tidak terlalu suka manis, bisa dikurangi jumlah gulanya. Dari pada berlama-lama langsung saja dilihat proses cara membuat bolu gulung pandang kukus ala Bunda Dini.

Resep Bolu Gulung Pandan Kukus

Bahan
  • 50 gr Tepung Terigu
  • 1 sdt cake emulsifier (SP, TBM, OVALET)
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gr Gula Pasir
  • 50 ml santan (aku gak pakai santan)
  • 1 sdt pasta pandan
  • Butter cream secukupnya (untuk toping atas aku pakai blue band aja karena gak begitu suka banyak butter cream)

Cara Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus

  1. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier sampai mangental.
  2. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk rata.
  3. Selanjutnya masukkan santan dan pasta pandan, aduk kembali.
  4. Siapkan loyang ukuran 24 (aku pakai loyang kecil, karna dandang ku gak muat ukuran 24), tuang adonan dan ratakan.
  5. Kukus selama 20 menit/sampai matang.
  6. Kalau sudah matang angkat dan biarkan sampai dingin.
  7. Balikkan di atas kertas roti, poles kue dengan buttercream, gulung segera dan padat kan.

Tips Menggulung Bolu Gulung Pandan Kukus

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar dari buntik Dini dan bisa juga memakai tips menggulung dari bunda paulin.

Tips Cara Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus
Kalau bunda paulin cara gulungnya yaitu saat kue bolu gulung sudah agak hilang uap panasnya jangan dingin atau panas. Sebenarnya  jika panas lebih gampang tapi tangannya gak betah panas. Saya biasa di alasi kertas roti jadi bagian atas taruh di bawah, bagian bawah yang dari loyang di olesi selai lalu gulung sambil menekan pelan.

Coba juga:
Resep Cara Membuat Bolu Pandan Tanpa Pewarna
Jelas sekali kan tutorial cara membuat bolu gulung pandan kukus di atas. Sampai dibuatin gambar segala lo, kalau bunda Dini gak baik sama kita mana mau bagi ilmu se detail ini. Penjelasan dan tips menggulung bolu gulung dari bunsay Paulin juga menambah lengkapnya resep bolu gulung kukus. Semoga karya bolu gulung 2 wanita cantik ini dapat menginspirasi kita semua.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus