ik
Senin, 13 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ketan Hitam

Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ketan Hitam dipersembahkan oleh bunda cantik Irma Kusumastuti. Ditengah keibukannya di kantor masih sempat membuat brownies kukus. Nah lo yang biasa ngantor aja bisa padahal sibuk banget lo. Mendengar hal tersebut kita harus bisa juga membuat resep brownies kukus ketan hitam. Dilihat dari bahannya lumayan banyak tapi hampir semua mudah ditemukan. Oh ya ini adalah tampilan saat brownies kukus sebelum dan sesudah diberi toping.
Cara Membuat Brownies Kukus Ketan Hitam
Sebelum diberi Toping

Resep Brownies Kukus Ketan Hitam
Sesudah diberi Toping
Bahan brownies kukus yang sulit ditemukan mungkin coklat bubuk. Tips dari saya jika sedang di perkotaan cari toko kue. Pasti ada jenis coklat yang dimaksud bunda Irma. Jika sudah selesai mengumpulkan bahan yuk mari langsung dilihat cara membuat brownies kukus. Saya yakin mudah sekali jika sudah mempunyai alat pendukung membuat brownies kukus ketan hitam seperti loyang dan lainnya. Dari pada kelamaan langsung saja yuk dilihat resep cara membuat brownies kukus ketan hitam ini.

Resep Brownies Kukus Ketan Hitam

Bahan A :
  • Tepung ketan hitam 375 gram
  • Tepung segitaga biru 135 gram
  • Coklat bubuk vanhousten 50 gram
#Semua bahan a dicampur rata menjadi satu

Bahan b :
  • Telur 9 butir
  • Sp 1 sendok teh
  • Gula 375 g tergantung selera
  • Garam 1/2 sendok teh
#Semua bahan b dikocok dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang keatas.

Bahan c:
  • Coklat batang 75gram (tergantung selera)
  • Mentega blue band 250 gram
  • Perasa vanilla 1 sendok makan
#Bahan c dimasak dengan tim

Cara Membuat Brownies Kukus Ketan Hitam

  1. Setelah bahan b mengembang campurkan bahan a dengan perlahan dan dengan kecepatan mixer sedang (gigi 2), setelah tercampur rata masukkan bahan c, setelah tercampur rata baru masukkan minyak goreng (200ml).
  2. Kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian yang sama rata. Masukan adonan pertama ke pengukus dengan api sedang hingga 10 menit, kemudian masukkan bahan topping lapisan pertama, setelah 10 menit masukan adonon kedua (tunggu 10 menit), kemudian beri topping lapisan kedua (tunggu 10 menit), kmdian baru adonan ketiga (masak hingga matang, ciri-ciri matang bisa masukkan lidi, kalau sudah tidak ada yang melekat menandakan kalau kue tersebut sudah matang). Kira-kira kue matang kurang lebih 25 sd 30 mnt.

Topping Brownies Kukus Ketan Hitam

  1. Untuk topping pertama aku menggunakan bahan dasar dari adonan dan dicampur dengan susu kental manis (sesuai selera, kalau aku 70ml). Sedangkan untuk topping lapisan kedua aku menggunakan taburan mesis
  2. Untuk topping paling atas aku oleskan krim yang dibuat dari blueband 200 gram dicampur dengan gula halus 100 gram kemudian di mixer hingga mengembang dan agak berubah warna.
Catatan dalam aku membuat brownies kukus
  1. Untuk tempat cetakan aku menggunakan ukuran 26×26.
  2. Susu kental manis yg aku gunakan dr frisian flek.
  3. Sedangkan coklat bubuknya van housten.
Brownies Kukus Lainnya:
Resep Brownies Kukus Pandan Manis Lembut
Resep Cara Membuat Brownies Tanpa Telur

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Brownies Kukus Ketan Hitam