ik
Rabu, 12 November 2014

Resep Cara Membuat Kerupuk Nasi Sisa Renyah

Sedih kalo buang nasi terus apalagi beras sudah mahal banget. Dijemur biasa gak laku akhirnya bikin kerupuk nasi. Pas dikulkas ada wortel jadi deh kerupuk nasi wortel ala Dwi Setyawati. Walaupun nunggu 3 hari keringnya baru di goreng maklum hujan terus. Karena nasi ada zat pati yang bikin liat sebaiknya jangan diblender. Kasihan blendernya bisa jebol. Karena disini saya ga pakai air bun. Jadi setelah bunda menghaluskan bawang putih di cobek langsung bunda tumbuk nasinya juga.
 

Resep Kerupuk Nasi

Bahan
2 piring nasi sisa baik itu yang masih bagus atau sudah mendekati basi juga bisa
1/2 kilo sagu biasa kalau mau bagus hasilnya pakai Tepung tapioka, yang penting tepung yang ada dirumah jangan dibikin pusing.
5 siung bawang putih
Garam secukupnya, jika suka asin ya banyakan ngasihnyadan umpama ga suka asin sedikit aja selera
Kaldu bubuk 1 bks terserah mau yang mana
Wortel 3 buah yang besar. Tapi kalo ada sayuran lain boleh juga seperti sawi, brokli, bayam, bit dll lah. Jika suka pedas bisa ditambah cabai loh bun.

Cara Membuat Kerupuk Nasi

  1. Kukus nasi sisa selama 15 menit/ dihangatkan.
  2. Haluskan bawang putih dan tumbuk nasi yang dihangatkan tadi (ya seperti buat krupuk nasi pakai bleng/gendar).
  3. Campur nasi dengan tepung sagu, garam, kaldu bubuk dan wortel yang sudah di parut ulenin hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Bentuk bundar memanjang kukus selama 30 menit.
  5. Setelah matang dinginkan lalu masukkan kedalam kulkas biarkan semalaman.
  6. Iris tipis adonan yang telah semalaman dikulkas lalu jemur.
  7. Setelah kering goreng.
Note: takaran nasi sisa berbeda2 bun jadi ini hanya sebagai patokan saya apabila nasinya sedikit tinggal dikurangi dan juga pemberian tepung kira2 sudah kalis/tidak lengket di tangan.
 

Pokoknya kerupuk nasi dijamin mekar dan renyah asal ngirisnya tipis gak tebel. Kesulitan ngirisnya kadang lengket dan ketebalan bisa diakali dengan dimasukkan kedalam kulkas semalaman. Seumpama tidak punya kulkas harus sehari semalam baru bisa diiris agar cantik hasilnya. Oh ya pakai pisau yang tajam biar enak ngirisnya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Kerupuk Nasi Sisa Renyah