ik
Selasa, 25 November 2014

Resep Cara Membuat Sponge Cake Tidak Bantat

Sponge cake lembut dan yummiy tanpa baking powder dan baking soda. Hasil sponge cake tetap mengembang. Yang mau Resep Cara Membuat Sponge Cake Tidak Bantat menyusul ya dengerin dulu tips cara membuat sponge cake yang baik. Pengen sponge cake mengembang caranya mudah, asal mengocok telur dan gula sampai kaku dan margarin cairnya teraduk dengan rata/tidak ada endapan di dasar adonan pasti sponge cake mengembang. Ini aku buat sudah yang kesekian tetap tanpa bp/bs. Saat tehnik sudah benar gak perlu lagi bahan pengembang.
 

SP itu bukan penyebab kue bantat bun tapi melembutkan dan menstabilkan adonan kue. Tapi sponge cake ini tdak memakai sp. Sponge cake biasanya bantat karena mengaduknya terlalu lama dan tidak satu arah atau karena ada endapan margarin cair di dasar adonan. Kalau kue hasilnya kering karena beberapa sebab, mengocok terlalu lama, kebanyakan tepung atau api panggangnya terlalu kecil.

Resep Sponge Cake

Bahan:
  • 4 telur
  • 100 gr terigu
  • 100 gr gula pasir/gula kastor
  • 50 gr margarin cairkan
  • 1 sdt emulsifer
  • kalau mau pakai coklat ditambah 20 gr coklat bubuk/1 sdm pasta coklat

Cara Membuat Sponge Cake

  1. Mixer telur, gula dan emulsifer sampai benar-benar mengembang dan kaku.
  2. Masukkan terigu aduk rata terakhir margarin cair.
  3. Bagi 2 adonan beri coklat.
  4. Panggang 15 menit.
  5. Tuang sisa adonan yang putih panggang 25 menit/tes tusuk lidi. 
Sponge cake tidak bantat hanya salah satu resep yang ada di . Masih banyak lagi cake lain dengan berbagai rasa dan keunikan. Silahkan pilih sendiri. Ini kami sediakan 5 resep cake yang mungkin bisa membuat semangat masak anda menggebu.


Nanti nyampurin terigunya cukup di aduk rata saja dengan spatula dan jangan terlalu lama ngaduknya entar bantat. Rahasia supaya tidak bantat yaitu saat nyampur terigu jangan diaduk terlalu lama dan aduk satu arah mentega harus tercampur rata jadi tidak mengendap. Saya manggang sponge cake ala yuni astuti menggunakan dandan yang dikasih pasir. Terus atasnya dikasih pembatas untuk tempat sponge cake. Panaskan saja sekitar 5 menit bun, aku sudah pakai tehnik ini beberapa kali alhamdulillah dandangnya gak rusak. Sudah lebih dari 15x pakai.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Sponge Cake Tidak Bantat