ik
Senin, 03 November 2014

Resep Es Krim Susu Kental Manis Bahan Murah

Es krim susu kental manis lagi dan lagi, hemat banget gak sampai 10 rb sudah dapat es cream segini. Saya memang cuma bikin setengah resep. Jadi kalau di hitung modal memang kurang lebih 10 ribu. Saya selalu stok semua bahan, jika semua beli baru memang ga cukup duit segitu. Saya membuat es krim tanpa telur tapi hasilnya lembut banget. Kurang lebih es krim bahan sederhana seperti ini. saya pakai
  • setengah kaleng susu 5 rb
  • gula pasir 100 gr 1000
  • sp 1 sdt 1000
  • tepung maizena 2 sdm 1000
  • pasta moca 2 tetes
  • pasta anggur 2 tetes
  • 1/2 sdt garam
  • seujung sdt vanili, saya rasa ga sampai 2 rb
Jika ditotal akan didapatkan es krim susu kental manis yang sangat murah. Untuk cara membuat es krim susu kental manis bahan murah bisa melihat resep lengkapnhya dibawah ini.

Resep Es Krim

Bahan
  • 1/2 klg skm putih
  • air 2 klg susu
  • tepung maizena 2 sdm munjung
  • gula pasir 1/2 gelas
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt panili bubuk

Cara Membuat Es Krim

  1. Campur semua bahan aduk di atas api sampai meletup dan kental angkat dinginkan.
  2. Masukan dalam freezer sampai beku jadi es, keluarkan hancurkan pakai garpu.
  3. Mixer dengan kecepatan sedang kurleb 5 menit.
  4. Masukan sp/tbm 1/2 sdm yang sudah di tim.
  5. Mixer lagi 5 menit.
  6. Pisahkan jadi 2 bagian beri rasa sesuai selera.
  7. Mixer lagi 5 menit.
  8. Siap masuk cup. Mohon maaf jika tulisan kurang di mengerti ya bunda.

Ini kaleng susunya bunda, saya hanya pakai setengah. Harganya kalau di warung dekat rumah saya hanya 9 ribu. Air kira-kira 4 gelas belimbing. Saya pakai 2 kaleng air bekas susu.


Sp di tim maksudnya seperti di kukus bunda. Caranya dengan memasukan sp ke dalam wadah kecil terus taruh di atas nasi di magic com. Sp akan mencair dinginkan pada suhu ruang, dan sp sudah bisa digunakan. Biasanya yang bikin pahit es krim tu spnya bun karena tidak di tim dulu atau spnya sudah kurang bagus. Maizena kayanya gak ngaruh kecuali kalau kebanyakan maizena susah mengembang atau bantet. Yang penting buat es krim itu terletak pada sp. Jika gak ada sp bisa di ganti tbm atau ovalet, biasanya saya gunakan cap kupu-kupu.  Setelah ditambahkan sp lalu di mix bisa mengembang 2 sampai 3 kali. Asal adonannya benarbenar beku jadi es. Sayang banget kan kalau es creamnya gak enak.

Mengocok es krim tidak bisa manual dalam arti menggunakan tangan karena kocoknya mesti kecepatan tinggi. Mixser dengan kecepatan tinggi, mixser kecepatan sedang hanya untuk menghancurkan esnya saja. Buat bunda yang masih bingung cara mixer adonan es krim yang beku. Kebetulan saya sedang bikin lagi, setelah ini baru di tambah sp lalu di mixer. Kurang lebih caranya seperti ini.


Wadah es krim yang kecil-kecil itu beli di toko bahan kue. Bilang saja cup puding nanti ada banyak pilihan dan ukuran nanti sudah sama dikasih sama tutupnya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Es Krim Susu Kental Manis Bahan Murah