ik
Rabu, 25 Maret 2015

Resep Cara Membuat Rainbow Cake dan Tips Mengukus

Ini salah satu opsi isi snack box saya, rainbow cake kukus. Bisa juga dibuat base cakenya kue tart jadinya rainbow cake deh. Yang mau nyoba resep bunda yunita widiyani silahkan dilihat dibawah ini ya.

Resep Cara Membuat Rainbow Cake dan Tips Mengukus

Tips Mengukus Rainbow Cake

  1. Sebelum membuat rainbow cake kukus saya kasih tips mengukus dulu.
  2. Tutup dandang harus dibalut serbet atau kain tebal supaya air tidak menetes ke bawah (kalau menggunakan klakat tidak perlu diberi kain).
  3. Kemudian ketika memanaskan airnya boleh api besar tapi begitu adonan masuk api harus sedang cenderung kecil.
  4. Kukusannya harus benar-benar panas dulu baru bisa masukin loyang. Pas masukin adonan lapisan kedua dan seterusnya loyangnya dikeluarkan dulu dari kukusan, lalu meratakannya dengan diputar-putar saja sampai rata menutupi bagian loyang, tidak perlu pakai spatula atau sendok. Itu cara saya bunda, sampai sekarang selalu berhasil seperti ini. 

Resep Rainbow Cake Kukus

Ukuran 18 x 18 x 4
Bahan A: 
  • 120 gr gula pasir
  • 5 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 1 sdt emulsifier

Bahan B (campur dan ayak):
  • 64 gr tepung terigu
  • 16 gr tepung maizena 
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdm munjung susu bubuk
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 sdt baking powder (kalau ada yang double acting lebih baik)

Bahan C:
  • 80 ml minyak sayur atau 80 gr mentega dilelehkan

Cara Membuat Rainbow Cake

  1. Campur dan ayak bahan B, siapkan loyang kotak ukuran 18 x 18 x 4 oles dasar loyang dengan minyak, lalu alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan minyak sampai rata.
  2. Mixer bahan A sampai telur berubah menjadi putih, kental, dan tidak ada lagi gelembung udara (speednya bertahap, mulai dari rendah dulu sampai gula larut, kemudian naikkan speednya, sampai mulai mengembang dan banyak gelembung udaranya, lalu terakhir naikan ke speed tinggi sampai adonan naik, berwarna putih, kental dan gelembung udara hilang).
  3. Setelah adonan telur mengembang kental berjejak, turunkan ke speed rendah masukan bahan B, mixer cukup sampai rata saja (jangan lama-lama nanti bantet).
  4. Masukan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah sampai adonan benar-benar tercampur rata (jangan lama-lama).
  5. Bagi adonan menjadi enam bagian, beri pewarna makanan mejikuhibiniu secukupnya saja. (Tips: mengaduk adonannya pelan-pelan jangan terlalu banyak diaduk-aduk nanti adonannya turun).
  6. Tuangkan adonan ke loyang sesuai urutan warna rainbow dimulai dari merah, ratakan dan kukus selama 10 menit, tuangkan adonan selanjutnya, ratakan, kukus lagi, lakukan sampai warna terakhir. 
  7. Ketika memasukkan adonan terakhir kukus selama 15 menit sampai matang, matikan api, kemudian angkat.
  8. Keluarkan dari loyang lalu potong-potong, sajikan.

Terimakasih semua, silahkan catat resepnya. Itu saya kasih tips-tipsnya supaya tidak bantet, kalau cake kukus resiko bantetnya kecil bunda. Coba baca tipsnya siapa tahu bisa jawab letak kesalahannya dimana.  Lengkap bukan tips cara membuat rainbow cake di atas. Lebih sempurna lagi jika pada nyobain 3 resep cake dengan rasa dan varian berbeda di bawah ini.



Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Resep Cara Membuat Rainbow Cake dan Tips Mengukus