ik
Kamis, 30 April 2015

Resep Cara Membuat Empek Empek Nasi Campuran Tepung Sagu

Hari minggu pagi lihat magic com ada sisa nasi, hmm karena pada malas sarapan kalau pagi-pagi jadi bikin empek-empek nasi saja saya cocol saja bunda pakai saos sambal. Soalnya tidak ada stock cuka, mau beli pagi-pagi belum ada yang buka, dimakan gitu saja juga enak kok. Ada yang belum tahu resepnya? Ini resepnya dari maz takin akan saya bagikan.

Resep Cara Membuat Empek Empek Nasi Campuran Tepung Sagu

Sagunya asal saya cemplang-cemplung saja bunda, kira-kira 4-5 sdm, pokoknya pas saya pegang tidak lengket, kalau masih lengket saya taburi sagu lagi. Tidak memakai direbus lagi bunda, tapi mungkin kalau empek-empek untuk stock bisa kali direbus dulu, saya juga belum pernah coba direbus dulu.

Resep Empek-Empek Nasi

Bahan:
  • nasi panas kurang lebih 2 centong dihaluskan, penyet-penyet saja pakai ulekan
  • tepung terigu kurang lebih 2 sdm
  • tepung sagu secukupnya, asal adonan tidak lengket saja waktu digulung
  • bawang putih halus 1 sdt, di ulek ya bunda saya kan ada stock bawang putih giling di kulkas jadi tadi saya tinggal ambil 1 sdt
  • daun bawang 1 batang, iris
  • udang rebon atau udang kering sesuai selera saja
  • garam

Cara Membuat Empek-Empek Nasi

  1. Campur semua bahan, cicip rasanya ya.
  2. Guling-guling diatas telenan untuk bentuk panjang seperti yang saya buat atau sesuai selera.
  3. Goreng, siap disantap.
Resep pempek yang lain buat camilan:


Sebagai catatan penting bahwa saat membuat adonan empek-empek tidak usah pakai nasi, nanti malah tidak bisa digulung. Tekstur nasi yang sudah dihaluskan itu lengket-lengket gitu bunda, jadi dikasih tepung terigu dan sagu gunanya supaya tidak lengket saja. Kalau ditambah air tambah benyek nanti. Silahkan dicoba bunda.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Empek Empek Nasi Campuran Tepung Sagu