ik
Jumat, 29 Mei 2015

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Lembut dan Mudah

Cara membuat bolu kukus yang super lembut dan mudah ala kotako ria. Memanfaatkan sisa putih telor yang ada dikulkas maka jadilah racikan resep bolu kukus ini. Saya belum pernah nyoba dioven bunda jadi tidak tahu. Menurut saya lebih mudah buat bolu kukus.

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Lembut dan Mudah

Setahu saya sp untuk pelembut kalau bp untuk pengembang ya. Bagi yang tidak punya sp coba saja bunda siapa tahu bisa. Saya juga kan coba-coba memakai putih telur dan ternyata hasilnya bagus. Diresep memang pakai telur utuh cuma saya punya putih telur yang sisa jadi hanya pakai putih telur saja. Saya cuma punya sisa 2 putih telornya makanya saya langsung bikin.

Santannya tidak usah dimasak nanti kan matang juga pas dikukus. Saya memakai santan kelapa ambil yang kentalnya. Santan kara yang kecil juga bisa bun dicampur air jadi 1/2 gelas saja ya. Cuma kalau santan kara baunya agak menyengat ya makanya saya pakai santan kelapa saja.

Salah satu hal penting dalam membuat bolu kukus adalah tutup kukusan kita ikat dengan serbet atau kain biar air kukusan tidak menetes jatuh ke bolu yang dimasak.

Resep Bolu Kukus

Bahan:
  • 1 gelas terigu
  • 1 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas santan kelapa
  • 1 sdt sp
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdt vanili
  • 2 butir telor (saya pakai putih saja karena ada sisa)
  • pewarna mkanan

Cara Membuat Bolu Kukus

  1. Kocok gula pasir dan telor sampai mengembang dan putih (saya pakai manual saja).
  2. Lalu masukkan SP, susu bubuk dan vanili kocok lagi hingga rata.
  3. Setelah itu masukkan terigu perlahan-lahan sambil diaduk-aduk rata.
  4. Terakhir masukkan santan aduk sampai rata lagi.
  5. Bagi adonan menjadi 2 warna lalu kukus satu warna setiap 10 menit kemudian timpa dengan warna yang satu lagi.
  6. Kukus 10 menit lagi baru angkat.
  7. (Jangan lupa tutup panci dialas serbet dan loyangnya dioles minyak sebelum dikukus).
Cobain juga:

Bahan adonan bolu kukus bisa juga dikocok dengan sendok, asal bagus ngocoknya dan mengembangnya. Bagi yang suka bikin kue disarankan beli pengocok telur deh. Saya punya yang kecil dan harganya cuma 5000an bunda. Sekian sajian buat resep tentang tips dan tutorial Resep Cara Membuat Bolu Kukus Lembut dan Mudah.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Bolu Kukus Lembut dan Mudah