ik
Minggu, 12 Juli 2015

TAI KUCING di suguhkan di Rumah Seorang KYAI

Tai kucing adalah nama yang aneh memang. Nama kue yang satu ini cuma saya pun bingung nama kerennya itu apa. Seperti telur gabus atau widaran ya, tapi dari tepung ketan bukan sagu. Mirip karena caranyapun hampir sama cuma bahannya yang agak sedikit berbeda. Hampir sama tapi beda bun. Widaran sama telur gabus tidak pakai rondo duren. Tai kucing tidak pakai keju atau royko kalau widaran tempat saya ada wijennya. Yah gimana lagi ya bun wong namanya sudah begitu.



Pernah ada tamu dirumah seorang kyai waktu lebaran di meja disediakan makanan ini nah anak dari tamu tersebut minta jajanan ini sama ibunya cuma takut nyebutinnya "bu adek mau ee'k pus" karena secara dirumah kyai kan mungkin tidak sopan mau bilang tai kucing.

Bahannya pun ada yang aneh lagi namanya "Rondo Duren" fungsinya biar kue ini kalau dimakan itu garing diluar empuk ketika digigit pas banget untuk cemilan simbah simbah. Bentuknya cuma kayak gini harganyapun murah seribuan kalau tidak pakai rondo duren nanti jadinya telur gabus tinggal tambahi keju sama royko soalnya rasanya lain si ya.


Ini tai kucing nggak keras ya bun simbah yang tidak punya gigipun bisa makan. Coba deh dibikinin nanti simbahnya pasti ketagihan. Bahan yang perlu digunakan ini saya tadi bikin 1.5 kg tepung jadinya 2 baskom besar.

Resep Kue Tai Kucing

Bahan:
  • 1 kg tepung ketan
  • 2 botol rondo duren yang ada difoto itu cairan agak kekuningan saya beli di toko bahan kue tapi jarang juga toko bahan kue yang punya rondo duren ini
  • 1 kg telur (dari 1 kg telur kurangi 1 butir)
  • 200 gr margarin
  • 2 sdt garam
  • 4 bungkus vanili
  • Untuk bahan lapisannya
  • 1 kg gula pasir sebagai lapisan istilah bahasa jawanya si dibestak
  • 2 gelas air
  • 1 sdt garam
  • 4 bungkus vanili

Cara Membuat Kue Tai Kucing

  1. Kocok sebentar telur garam vanili dan rondo durennya.
  2. Lalu masukkan tepung ketannya.
  3. Baru uleni dengan margarin sampai kalis tidak lengket di tangan.
  4. Cara menggorengnya sama dengan mnggoreng telur gabus.
  5. Rendam dalam minyak dingin jangan langsung goreng di minyak panas nanti bisa meletus minyak bececer kemana-mana makanya gunakan minyak dingin biar aman.
  6. Cara melapisinya gunakan wajan yang besar biar muat semua.
  7. Campur semua bahan pelapis masak sampai mengental tapi jangan terlalu seperti karamel ya waktu masak gulanya baru masukkan tai kucingnya ke dalam gulanya campur dan aduk-aduk biarkan dingin masukkan toples dijamin simbah-simbah pasti suka.
Lihat aneka kue unik lainnya yuk:

Hasilnya enak tidak mengecewakan. Kalau telur gabus kan kebanyakan pakai bumbu ya atau ditambahi keju ini tidak pakai keju dan telurnya lebih banyak sedikit dari pada telur gabus. Yang bikin beda mungkin rondo durennya itu. Saya kurang tahu rondo duren istilah lainnya apa soalnya kalau beli bilang rondo duren saja begitu telek kucing disini manis mbak malah kalau yang dijual di toko-toko itu selaput gulanya banyak banget.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : TAI KUCING di suguhkan di Rumah Seorang KYAI