ik
Selasa, 08 September 2015

Cara Membuat Soes Isi Vla dan Kulitnya

Kulit soes mlenuk-mlenuk bun, setelah keluar dari oven alhamdulillah atasnya nggak kempes, bahkan sampai diisi fla pun tetep kokoh. Saya pakai oven tapi jika bunda menggunakan otang nggak ngaruh bun, yang penting bisa pas mainin apinya. Kalau pakai otang, pakai api besar saja buat bikin soes kira-kira kurang lebih 35 menit, kalau sudah nampak membesar kulit soesnya dan bagian ujungnya sudah kering kulitnya berwarna agak kecoklatan, tandanya sudah matang dan segera matikan apinya. Lalu keluarkan soes dari oven.

Cara Membuat Soes Isi Vla dan Kulitnya

Untuk membentuk saya pakai spuit bintang yang ukuran besar. Saya menggunakan spuit yang nggak bermerek bun, belinya di pasar. Cetakannya mirip cetakan nastar, ini saya coba cari gambarnya di google dengan kata kunci gambar cetakan pie dan menemukan dengan yang saya gunakan tadi.

Cara Membuat Soes Isi Vla dan Kulitnya

Resep Soes

Bahan:
  • 200 ml air
  • 125 gram margarin
  • 150 gram terigu serbaguna
  • 4 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Soes

  1. Didihkan air bersama margarin, gula dan garam.
  2. Masukkan terigu kedalam air margarin yang sudah mendidih, lalu aduk sampai kalis.
  3. Dinginkan adonan, kalau sudah dingin masukkan 4 butir telur sekaligus, lalu aduk-aduk sampai adonan berubah menjadi lembut.
  4. Masukkan adonan ke dalam kantong plastik segitiga dan kasih ujungnya dengan spuit bintang ukuran besar, semprotkan ke cetakan pie sampai adonan habis.
  5. Lalu panggang dengan suhu 200°C kurang lebih 40 menit, selama memanggang oven jangan pernah dibuka-buka.
  6. Kalau sudah 40 menit, langsung keluarkan dari oven.
Coba juga:
 

Saya ngocok manual pakai adukannya mixer tanpa listrik, ngocoknya agak pakai tenaga. Kalau pakai mixer kasihan mixernya, soalnya agak berat adonannya. Waktu saat masukin terigu api dalam kondisi menyala, aduk terus sambil ditekan-tekan supaya tidak menggumpal, lebih bagus dalam kondisi api menyala supaya tepungnya matang dan kalis. Saya sudah coba ngaduk tepung dalam kondisi api mati, hasil akhirnya pas keluar dari oven bantat dan mengecil.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Soes Isi Vla dan Kulitnya