ik
Sabtu, 03 Oktober 2015

Resep Bolu Jadul Tanpa Sp dan Bahan Kimia Lainnya

Kerjaan kemarin setelah dicoba alhamdulillah bolu keju jadul atau jaman dahulu saya jadi, langsung ada order juga. Disebut bolu jadul ala ruru mardiana karena orang dulu nggak kenal Sp, Tbm atau ovalet dan lain-lain. Pakai baking powder atau baking soda pun tidak. Ini nggak pakai pengembang sama sekali dan nggak pakai baking soda aau baking powder, murni karena telur. Rasanya lembutnya beda. Kalau bunda penikmat cake, pasti bisa bedakan cake yang pakai pengembang emulsifier dab dengan yang tidak. Makanya kalau saya buat cake pun sukanya pakai resep bunda.

Resep Bolu Jadul Tanpa Sp dan Bahan Kimia Lainnya

Cake ini bisa jadi pilihan buat yang ingin rasa orisinal dan sehat. Saya jual per loyang 80 ribu. Biar tetap bagus kejunya ditabur ketika mau delivery, jadi masih fresh saat tiba di customer. Sayaa pakai kraft. Keju kalau sudah kena udara, pasti mengeras. Salah satu cara supaya cakepnya agak lama, cake disimpan di wadah kedap udara, trus masukan dalam kulkas.

Saya paling suka resep beginian yang no sp no tbm no bp no pewarna. Lebih sehat saya suka merinding kalau lihat kue warna warni memang lebih menarik di mata tapi tidak sehat ditubuh ini pendapat saya lho bun. Makanya saya nggak suka bikin rainbow cake kalau ada pesanan saya selalu edukasi mereka lebih baik rasa coklat atau vanilla saja base cakenya karena lebih sehat.

Cake atau kue saya agak mahal karena saya tidak suka makanan yang berpengawet atau pengembang atau pewarna, saya selalu usahakan seminimal mungkin pakai bahan-bahan tersebut kalau tidak terpaksa.  Bunda-bunda disini kan pintar-pintar juga, pasti bisa kalkulasi harganya bagaimana. Sekedar share, bulan lalu saya beli cake keju begini di pameran salah satu mal jakarta tapi habis makan ada after tastenya. Padahal harganya mahal, ukurannya sekitar 15 x 20, 100 ribu. Jadi kepikir buat yang begini deh.

Resep Bolu Jadul

Bahan:
  • Telur 8 butir
  • Gula pasir 150 gr
  • Terigu 150 gr
  • Maizena 40 gr
  • Susu bubuk 2 sdm
  • Butter 100 gr
  • Margarine 50 gr
  • Air biasa 2 sdm
  • Vanilla 1 sdt, saya pakai yang cair
Olesan:
  • Butter 2 sdm
  • margarine 2 sdm dan gula cair secukuonya (disesuaikan saja ukurannya, kalau suka manis, bisa ditambah)

Cara Membuat Bolu Jadul

  1. Kocok telur dan gula pasir sampai kaku.
  2. Masukan campuran terigu susu dan maizena, masukan air, terakhir butter dan margarine cair.
  3. Masukan loyang ukuran 20 cm.
  4. Oven sekitar 30 menit.
  5. Olesan tunggu dingin cakenya, baru oles, kemudian taburi keju.

Saat beli butter bunda minta merk wisman, anchir atau orchid kalau beli butter. Margarin itu kayak blueband, simas kalau butter rasana lebih gurih dan lebih mahal kayak wisman 1 onsnya 20 ribu harga diatas blueband tapi rasa lebih enak dan lebih wangi. Untuk olesan, kombinasi butter dan margarine lebih enak. Kalau mau pakai salah satunya juga tidak apa-apa. Sesuai selera saja bunda-bunda.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Bolu Jadul Tanpa Sp dan Bahan Kimia Lainnya