ik
Rabu, 18 November 2015

Cara Membuat Telur Asin di Dalam Toples Pakai Garam

Telur asin home made part 2 bikinnya di dalam toples yang ditaburi garam. Ini pakai air garam bekas rendaman yang pertama. Garamnya pakai yang kasar, buat melarutkan garam bisa pakai air hangat cepat larut nanti garamnya. Tapi pas masukin telur tunggu dingin dulu airnya. Patokannya 1/2 kg garam dipakai untuk 1 kg bisa masuk toples. Airnya harus asin banget biar telurnya nggak busuk dan lebih cepat jadinya. Telurnya nggak perlu diamplas tapi cukup dibersihkan dari kotoran saja. Ini resep simple banget nggak pakai acara kotor-kotoran dah.

Cara Membuat Telur Asin di Dalam Toples Pakai Garam

Saya tambahkan bunga lawang sama andaliman biar telurnya harum. Harumnya bunga lawang sama andaliman terasa dalam telur asin. Saya taruh sedikit saja jangan banyak-banyak. Kalau nggak pakai bunga lawang sama andaliman bisa. Cukup ganti dengan daun salam atau nggak pakai apa-apa juga boleh.

Cara Membuat Telur Asin di Dalam Toples Pakai Garam

Untuk mendapatkan rasa asin dan warna kuning yang maksimal butuh waktu antara 3 minggu atau 4 minggu bun. Kalau telur bebek kan besar dia butuh waktu lama untuk proses pengasinannya. Asal kuning telurnya keras biasanya dia udah asin sempurna. Seperti di foto saya ini.

Cara Membuat Telur Asin di Dalam Toples Pakai Garam

Resep Telur Asin

Bahan:
  • telur mentah bisa ayam atau bebek
  • Garam 1/2 kg
  • Air
  • Bunga lawang dan andaliman

Cara Membuat Telur Asin

  1. Larutkan garam dalam air.
  2. Tambahkan bunga lawang dan andaliman.
  3. Masukkan telur. Rendam selama 2 minggu.

Ayo bikin sendiri saja biar tidak perlu beli toh ini resep telur asin simple. Modal air garam sama toples. Bisa pakai telur apa saja. Yang bagus sih telur bebek. Tapi pasti mahal yang mudah didapat saja. Telur ayam negeri alhamdulillah sukses terus tiap bikin.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Telur Asin di Dalam Toples Pakai Garam