ik
Kamis, 17 Maret 2016

Resep Cara Membuat Cilok Yang Pas Kenyalnya

Akhirnya ketemu resep cilok yang pas dilidah untuk kekenyalannya. Boleh pakai isian bunda saya pakai yang ada didapur saja kadang ebi saya ganti sosis daging atau udang boleh juga. Kalau saya goreng biasanya saya baluri dulu pakai tepung beras biar nggak lengket tapi anak anak suka direbus bunda. Hasilnya lumayan bunda jadi semangkok tuppy yang warna hijau.

Resep Cara Membuat Cilok Yang Pas Kenyalnya

Saya juga sama sering gagal selalu karena takaran ini nyoba eksperimen sendiri pakai takaran tepung terigunya lebih banyak sedikit. Alhamdulillah sudah nggak terlalu kenyil empuk jadi rasanya.

Resep Cilok

Bahan:
  • Tepung terigu 14 sdk makan
  • Tepung kanji 10 sdk makan
  • Ebi atau udang kering 3 sdk makan dihaluskan
  • Daun bawang dirajang
  • Daun seledri dirajang
  • Minyak goreng 1 sdk makan
Bumbu:
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar bubuk 1 sdk teh
  • Merica bubuk 1 sdk teh
  • Garam kira-kira
  • penyedap rasa 1 sdk teh

Cara Membuat Cilok

  1. Tepung terigu campur dengan bumbu dan daun bawang, seledri, ebi.
  2. Setelah tercampur seduh dengan air panas kira-kira saja ya bu air panasnya sekitar satu gelas belimbing tapi tidak penuh.
  3. Siapkan panci didihkan air.
  4. Setelah itu masukkan kanjinya aduk rata lagi.
  5. Kalau dirasa kurang air bisa ditambahkan air biasa uleni lagi sampai bisa dibentuk.
  6. Tuang minyak gorengnya sambil terus diuleni.
  7. Bentuk dengan tangan dan sendok makan sebelumnya sendoknya dicelupkan dulu biar tidak lengket.
  8. Kalau sudah mengambang siap diangkat tes dulu kematangannya ya bu ibu.
Atau mau lihat resep yang ini?
 

Alkhamdulillah bunda yang praktek resep ala dian eminingtiyas pada berhasil. Ini saya dingin masih empuk kalau biasanya bikin lebih banyak kanjinya malah dingin sudah agak keras. Oh ya saya nggak pernah bikin sambalnya bunda soalnya anak anak belum saya kenalkan sambal jadi gini sudah dicolok colok saja maaf sebelumnya.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Cilok Yang Pas Kenyalnya