ik
Senin, 14 September 2015

Cara Membuat Tekwan Palembang tanpa Wortel

Tekwan palembang bunda enak banget buatan bunda naomi. Tekwan adalah makanan khas palembang, enak banget bunda-bunda sekalian, saya juga bisa buatnya di sumatera sudah banyak yang ginian contohnya saya bikin dari palembang tapi dr jambi tetangganya palembang. Biasa sisa tekwan saya masukan di kulkas atau bisa digoreng seperti pempek tinggal ditambahin kuah bumbunya asam, bawang merah, lombok, gula gitu maksutnya bunda.

Cara Membuat Tekwan Palembang tanpa Wortel

Yang asli wong palembang pasti tahu nggak pakai wortel dan kol ini hanya kreasi saya saja ya supaya tidak pucat maaf diresep sudah saya tulis catatannya ya.

Resep Tekwan Palembang

Bahan:
  • ikan tenggiri 1 kg
  • telur 2
  • tepung tapioka cap tani 500 gram
  • Penyedap (kalau suka)
  • garam dan gula 1 sdt
  • Air es kurang lebih 250 cc

Cara Membuat Tekwan Palembang

  1. Campur semua bahan digiling ya kalau sudah masukan tepungnya sedikit-sedikit.
  2. Siapkan air mendidih setelah itu buat bulatan-bulatan seperti bola lalu cemplungkan ke dalam air mendidih kalau sudah terapung angkat dan tiriskan.
Bahan pelengkapnya:
  • bunga sedap malam
  • jamur kuping
  • kol
  • wortel
  • daun bawang
  • daun sop
  • bawang goreng
Kuahnya:
  • Bawang putih 10 siung
  • merica (saya pakai yang bubuk)
  • garam dan gula
  • udang yang dihaluskan

Cara Membuat Tekwan Palembang

  1. Siapkan air kurang lebih 2000 cc masukan bumbu yang sudah ditumis, udang halus, masukan kol, jamur, wortel (yang sudah diiris seperti batang korek api).
  2. Masukan tekwanya, beri penyedap saya pakai masako tunggu hingga mendidih taburkan daun bawang dan daun sop serta bawang gorengnya ya bunda.
  3. Siap dihidangkan.
  4. Sisa tekwanya bisa digoreng buat pempek ya bunda tinggal dibikinkan kuah pempeknya (asam jawa, cuka, bawang merah, lombok, garam).
  5. Semoga berkenan ya bunda.
Resep tekwan dengan versi yang berbeda:
 
 
 

Oh ya tekwan palembang pakai bengkoang ya bunda. Karena yang ada di kulkas saya wortel dan kol jadi itu yang saya pakai maaf ya wong palembang. Selain itu juga kreasi saya sendiri pakai wortel dan kol supaya ada warna-warninya saja bunda sekali lagi maaf wong palembang.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Tekwan Palembang tanpa Wortel