ik
Selasa, 05 April 2016

Resep Cara Membuat Apem Nasi Menul Enak

Ada sisa nasi bunda mau dibikin nasi goreng nasinya kelemesan gak cocok dibikin nasgor terus cari resep nemu deh apem nasi by risqi aulia. Cocok dan ini hasilnya menul-menul bunda enak. Takaran bahannya saya kemarin cuma pakai gelas biasa aja bunda soalnya saya juga gak punya gelas belimbing. Jangan lupa pula cetakannya di olesin sama mentega atau minyak goreng biar gak lengket.


Kurang lebih 35 an deh jadinya soalnya sudah di comotin duluan. Wah kalau untuk tahan berapa harinya saya kurang tau tuh soalnya selesai bikin langsung ludes. Soal warna yang ijo saya pakai pasta pandan, yang merah pakai pewarna makanan merah tua dan putih natural.

Resep Apem Nasi

Bahan:
  • 1 gelas nasi
  • 1 gelas gula pasir
  • 1 1/2 gelas air
  • 1 gelas terigu
  • 1 gelas tepung beras
  • 1 sdt fermipan

Cara Membuat Apem Nasi

  1. Blender nasi, gula pasir dan air sampai halus lalu pindahkan ke wadah yang agak besar.
  2. Maasukan terigu, tepung beras aduk rata kemudian yang terakhir masukkan fermipan aduk-aduk kembali lalu diamkan kurang lebih 1 jam (saya tadi cuma 30 menit bunda). 
  3. Setelah 1 jam panaskan kukusan sampai benar-benar panas beruap. Tutup kukusan dengan serbet kemudian tuang adonan pertama ke cetakan kukus selama 5 menit.
  4. Kemudian tuang lagi adonan yang ke dua kukus lagi selama 5 menit. Lakukan sampai habis.
  5. Terakhir kukus 15 menit.


NB: Kalau punya saya, saya cetakkan pakai cetakan kecil-kecil bunda jadi cuma 2 warna aja.

Jika anda tidak mau hasil jadinya bantat usahakan selagi mengukus kalau belum sampai waktunya jangan di buka dulu. Kan lapis-lapis tu setiap lapisan pertama mengukusnya 5 menit. Nah kalau belum 5 menit jangan di buka dulu. Kalau sudah 5 menit baru tuang lagi lapisan yang ke 2 kukus lagi 5 menit. Kalau sudah habis baru yang lapisan terakhir mengkusnya agak lama kurang lebih 15 menit. Jangan di buka kalau belum 15 menit.

Yuk Coba menu apem lain:

Cara Membuat Apem Nasi Mekar Pakai Cetakan Keramik

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+
Tags :

Related : Resep Cara Membuat Apem Nasi Menul Enak