ik
Selasa, 12 Juli 2016

Cara Membuat Gepuk Ayam Rasa Daging Sapi

Tadi ada yang posting gepuk ayam atau empal ini tapi bunda nggak mau kasih resep malah sepertinya lebih tertarik di urusan jual beli. Resep ala yanti wijaya ini pernah saya post beberapa waktu lalu bahkan ada di catatan utama saya.

Cara Membuat Gepuk Ayam Rasa Daging Sapi

Mungkin buat bunda yang berniat mencoba persediaan selama bulan puasa kalau malas menghidangkan makanan sahur empal sapi kw ini bisa jadi pilihan atau buat dijual nambah-nambah penghasilan buat beli baju lebaran lumayanlah bunda, rasanya lumayan enak juga, saya juga jual bun tapi saya lebih senang bila bunda juga bisa buat ini sendiri di rumah gampang kok.

Resep Gepuk Ayam

Bahan:
  • Ayam fillet 1 kg (Ayam yang dibuang kulit sama tulangnya)
  • Lengkuas 3 ibu jari
  • Jahe 1 ibu jari
  • Ketumbar 2 sdm
  • Bawang putih 6 siung
  • Bawang merah secukupnya untuk digoreng (untuk taburan)
  • Gula merah 1 ons
  • Bawang bombay 1 siung
  • Penyedap rasa royko 3 bungkus
  • Susu bubuk 25 gram
  • Minyak goreng 1/2 kg (untuk mengoreng)

Cara Membuat Gepuk Ayam

  1. Goreng ayam fillet setengah matang.
  2. Lalu tiriskan kemudian ulek bumbu (lengkuas, jahe, bawang putih, ketumbar) jangan pakai blender cincang bawang bombay.
  3. Pukul pukul ayam hingga setengah hancur dan terpisah pisah lalu tumis bumbu sampai harum.
  4. Masukkan ayam yang sudah agak hancur, tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam.
  5. Masukkan bawang bombay, susu bubuk dan gula merah setelah 10 menit matikan kompor, tunggu hingga 3 jam.
  6. Sesudah itu ayam siap digoreng.
  7. Bolak balik saat menggoreng seperti saat bikin dodol.
  8. Sesudah kering angkat dan tiriskan.
Resep ayam yang ini cocok banget buat lauk makan ketupat bun:
 
 
Tanpa susu bisa saja sih tapi mungkin rasa akan lebih mirip ke abon gitu, susu lebih menggurihkan. Itu ukuran 300 gram saya jual Rp 30 ribu boleh juga diikat seperti di kronologi saya saya jual 5000 atau masuk mika bisa kita jual 7000.

Simpan Resep di Facebook
Simpan Resep di Twitter
Simpan Resep di Google+

Related : Cara Membuat Gepuk Ayam Rasa Daging Sapi